Peluncuran mobil baru Formula 1 merupakan even istimewa. Sepuluh tahun lalu, peluncuran bisa jor-joran, menampilkan bintang-bintang terbesar di lokasi-lokasi yang eksotis. McLaren misalnya. Ketika meluncurkan mobil 1997, menampilkan Spice Girls sebagai bintang tamu.
Mengingat situasi ekonomi global yang sedang buruk, ditambah dengan jumlah peserta yang makin merosot (kalau Honda tidak terselamatkan), kita pun bisa memaklumi bila peluncuran mobil-mobil 2009 diselenggarakan lebih sederhana.
Maksimal hanya akan ada konferensi pers mewah. Paling banyak seperti yang akan dilakukan Williams, cukup dengan sesi foto di depan garasi sebelum uji coba perdana. Paling irit mungkin adalah Toyota. Yaitu cukup dengan menampilkan foto mobil baru mereka, TF109, lewat internet di situs resmi tim.
Meski demikian, bukan berarti berita peluncuran nanti tak perlu dihebohkan. Sebab, mobil-mobil F1 tetaplah yang paling eksotis di dunia. Apalagi, tahun ini ada banyak aturan baru mengenai tampilan mobil. Sayap depan lebih kecil dan tinggi, sayap depan lebih lebar dan rendah. Bukan hanya itu, tidak boleh lagi ada sayap-sayap "hiasan" di bagian kanan, kiri, maupun hidung mobil.
Oh ya, jangan lupa, mulai 2009 ini mobil F1 kembali memakai ban slick model polos.
Nah, mobil siapa bakal "menyiasati" regulasi terbaik? Mobil mana bakal terlihat paling jelek? Jawabannya bisa kita dapatkan dalam beberapa hari ke depan.
Hari ini, Ferrari dijadwalkan menjadi tim pertama yang memperkenalkan mobilnya. Semestinya, mobil 2009 itu akan diluncurkan di Fiorano, sirkuit di dekat markas tim tersebut di Maranello, Italia. Sayang, cuaca buruk membuat kondisi di Fiorano tidak memungkinkan (salju). Acara di pindah ke Mugello, sirkuit milik Ferrari yang lain.
Setelah Ferrari, Toyota memperkenalkan mobil barunya pada 15 Januari nanti. Tapi ya itu tadi, hanya lewat kiriman foto di internet. Sehari kemudian, giliran McLaren-Mercedes memperkenalkan mobil barunya.
Ketika mobil baru McLaren itu diluncurkan, perhatian media akan luar biasa. Sebab, para pengamat bukan hanya akan membicarakan mobil McLaren, tapi juga membandingkannya dengan mobil baru Ferrari. Pasti seru!
Setelah itu, kita harus menunggu lagi beberapa hari. Pada 19 Januari, dua tim berencana meluncurkan mobil bersamaan, di tempat yang sama. Selain Williams-Toyota, juga Renault. Peluncuran mobil kedua tim itu diselenggarakan di Algarve Motor Park, Portugal. Habis foto-foto, langsung dijajal di lintasan.
Bagi Renault, untuk mengejar tanggal 19 itu mungkin butuh kerja lebih keras. Sebab, pekan lalu tim Prancis ini mendapat kabar buruk. Sasis baru mereka, R29, menghadapi kendala. Sasis itu tak lolos tes tabrak yang diwajibkan oleh FIA. Dari tiga jenis tes yang dijalani, dua di antaranya gagal. Yaitu tes tabrak hidung dan tabrak samping (hanya tes tabrak belakang yang lulus).
Kabarnya, sasis Renault sampai hancur. Dan itu disebut mengganggu persiapan peluncuran, karena tim itu harus menyiapkan sasis lain cepat-cepat. Meski demikian, Renault tidak terkesan panik. Juru bicara Renault menjelaskan, para engineer tim telah mengetahui titik masalahnya. Solusinya bisa langsung diterapkan tanpa harus berpikir panjang.
"Mobil baru kami tetap akan menjalani uji coba di Algarve pada 19 Januari," tegasnya.
Selain Ferrari dan McLaren, tim lain yang paling ditunggu mobilnya adalah BMW-Sauber. Kalau lancar, mobil F1.09 tim itu digadang-gadang sebagai pendobrak prestasi, calon juara dunia baru.
Dan sejauh ini, BMW mengaku persiapan mobil itu sangat mulus. Saking mulusnya, mereka bisa merakit mobil pertama dengan tenang dan rapi, memberi perhatian lebih kepada semua detail. Peluncuran mobil itu masih sesuai jadwal, yaitu pada 20 Januari di Valencia, Spanyol.
Walter Riedl, managing director BMW-Sauber, menegaskan itu lewat situs resmi tim. Dia menjelaskan, perakitan mobil pertama memakan waktu sampai lima hari. Semua prosedur dicatat, memudahkan pengulangan kerja untuk mobil-mobil berikutnya.
"Ketika musim balap dimulai nanti, kami hanya akan butuh beberapa jam untuk merakit sebuah mobil baru," ungkapnya.
Tim lain yang sudah mengkonfirmasikan jadwal peluncuran adalah Red Bull-Renault. Mobil baru RB5 dijadwalkan tampil pada 9 Februari mendatang. Walau relatif "telat," karena praktis hanya sebulan sebelum lomba pertama, tim tersebut tidak khawatir. Bahkan, bos tim itu, Christian Horner, merasa strategi "telat" ini akan memberi keuntungan. Sebab, Red Bull lebih punya banyak waktu mematangkan konsepnya di pabrik.
"Kami memastikan semua waktu yang tersedia ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan mobil, menyesuakan diri dengan regulasi baru, sebelum diturunkan di (lomba pertama di) Melbourne (Australia, Red)," jelasnya.
Sumber: JAWA POS
Mengingat situasi ekonomi global yang sedang buruk, ditambah dengan jumlah peserta yang makin merosot (kalau Honda tidak terselamatkan), kita pun bisa memaklumi bila peluncuran mobil-mobil 2009 diselenggarakan lebih sederhana.
Maksimal hanya akan ada konferensi pers mewah. Paling banyak seperti yang akan dilakukan Williams, cukup dengan sesi foto di depan garasi sebelum uji coba perdana. Paling irit mungkin adalah Toyota. Yaitu cukup dengan menampilkan foto mobil baru mereka, TF109, lewat internet di situs resmi tim.
Meski demikian, bukan berarti berita peluncuran nanti tak perlu dihebohkan. Sebab, mobil-mobil F1 tetaplah yang paling eksotis di dunia. Apalagi, tahun ini ada banyak aturan baru mengenai tampilan mobil. Sayap depan lebih kecil dan tinggi, sayap depan lebih lebar dan rendah. Bukan hanya itu, tidak boleh lagi ada sayap-sayap "hiasan" di bagian kanan, kiri, maupun hidung mobil.
Oh ya, jangan lupa, mulai 2009 ini mobil F1 kembali memakai ban slick model polos.
Nah, mobil siapa bakal "menyiasati" regulasi terbaik? Mobil mana bakal terlihat paling jelek? Jawabannya bisa kita dapatkan dalam beberapa hari ke depan.
Hari ini, Ferrari dijadwalkan menjadi tim pertama yang memperkenalkan mobilnya. Semestinya, mobil 2009 itu akan diluncurkan di Fiorano, sirkuit di dekat markas tim tersebut di Maranello, Italia. Sayang, cuaca buruk membuat kondisi di Fiorano tidak memungkinkan (salju). Acara di pindah ke Mugello, sirkuit milik Ferrari yang lain.
Setelah Ferrari, Toyota memperkenalkan mobil barunya pada 15 Januari nanti. Tapi ya itu tadi, hanya lewat kiriman foto di internet. Sehari kemudian, giliran McLaren-Mercedes memperkenalkan mobil barunya.
Ketika mobil baru McLaren itu diluncurkan, perhatian media akan luar biasa. Sebab, para pengamat bukan hanya akan membicarakan mobil McLaren, tapi juga membandingkannya dengan mobil baru Ferrari. Pasti seru!
Setelah itu, kita harus menunggu lagi beberapa hari. Pada 19 Januari, dua tim berencana meluncurkan mobil bersamaan, di tempat yang sama. Selain Williams-Toyota, juga Renault. Peluncuran mobil kedua tim itu diselenggarakan di Algarve Motor Park, Portugal. Habis foto-foto, langsung dijajal di lintasan.
Bagi Renault, untuk mengejar tanggal 19 itu mungkin butuh kerja lebih keras. Sebab, pekan lalu tim Prancis ini mendapat kabar buruk. Sasis baru mereka, R29, menghadapi kendala. Sasis itu tak lolos tes tabrak yang diwajibkan oleh FIA. Dari tiga jenis tes yang dijalani, dua di antaranya gagal. Yaitu tes tabrak hidung dan tabrak samping (hanya tes tabrak belakang yang lulus).
Kabarnya, sasis Renault sampai hancur. Dan itu disebut mengganggu persiapan peluncuran, karena tim itu harus menyiapkan sasis lain cepat-cepat. Meski demikian, Renault tidak terkesan panik. Juru bicara Renault menjelaskan, para engineer tim telah mengetahui titik masalahnya. Solusinya bisa langsung diterapkan tanpa harus berpikir panjang.
"Mobil baru kami tetap akan menjalani uji coba di Algarve pada 19 Januari," tegasnya.
Selain Ferrari dan McLaren, tim lain yang paling ditunggu mobilnya adalah BMW-Sauber. Kalau lancar, mobil F1.09 tim itu digadang-gadang sebagai pendobrak prestasi, calon juara dunia baru.
Dan sejauh ini, BMW mengaku persiapan mobil itu sangat mulus. Saking mulusnya, mereka bisa merakit mobil pertama dengan tenang dan rapi, memberi perhatian lebih kepada semua detail. Peluncuran mobil itu masih sesuai jadwal, yaitu pada 20 Januari di Valencia, Spanyol.
Walter Riedl, managing director BMW-Sauber, menegaskan itu lewat situs resmi tim. Dia menjelaskan, perakitan mobil pertama memakan waktu sampai lima hari. Semua prosedur dicatat, memudahkan pengulangan kerja untuk mobil-mobil berikutnya.
"Ketika musim balap dimulai nanti, kami hanya akan butuh beberapa jam untuk merakit sebuah mobil baru," ungkapnya.
Tim lain yang sudah mengkonfirmasikan jadwal peluncuran adalah Red Bull-Renault. Mobil baru RB5 dijadwalkan tampil pada 9 Februari mendatang. Walau relatif "telat," karena praktis hanya sebulan sebelum lomba pertama, tim tersebut tidak khawatir. Bahkan, bos tim itu, Christian Horner, merasa strategi "telat" ini akan memberi keuntungan. Sebab, Red Bull lebih punya banyak waktu mematangkan konsepnya di pabrik.
"Kami memastikan semua waktu yang tersedia ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan mobil, menyesuakan diri dengan regulasi baru, sebelum diturunkan di (lomba pertama di) Melbourne (Australia, Red)," jelasnya.
Sumber: JAWA POS
0 Response to "Hemat Biaya, Peluncuran Mobil-Mobil Baru Formula 1"
Posting Komentar