Mari Menjadi Sobat Orangutan


Orangutan merupakan satu-satunya kera besar dunia yang ada di Asia. Saat ini terdapat 2 (dua) jenis orangutan yaitu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Secara genetik dan morfologis, Orangutan Kalimantan terdiri dari 3 sub spesies, yaitu: Pongo pygmaeus pygmaeus (dari Kalimantan Barat sampai dengan Gunung Palung), Pongo pygmaeus wurnbii (Kalimantan Tengah) dan Pongo pygmaeus morio (Kalimantan Timur). Orangutan merupakan primata yang memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan manusia, dimana 97% DNA orangutan mirip dengan manusia.

Melihat sosoknya yang unik, menatap tatapannya yang lugu, mungkin hal yang pertama hadir di benak adalah betapa lucunya satwa ini. Jauh dari kesalahkaprahan tentang dirinya, Orangutan adalah jangkar pengikat sebuah ekosistem hutan. Hutan dengan kepadatan 1 hingga 5 orangutan dapat menyediakan habitat bagi setidaknya 5 jenis burung rangkong, 50 jenis pohon buah-buahan, 15 jenis liana dan berbagai jenis hewan lainnya. Sebagai bagian dari hutan hujan pengikat ozon utama dan penyedia oksigen dunia, hutan hujan tropis Indonesia menggantungkan regenerasinya pada satwa penyebar biji seperti orangutan.

Orangutan dilindungi oleh undang-undang nasional dan hukum internasional. Lebih dari 100 orangutan masih perlu diselamatkan dari desa-desa di Kalimantan tiap tahunnya. Praktek penebangan hutan yang ilegal dan eksploitatif, kebakaran hutan serta perdagangan Orangutan masih terus mengancam keberadaan satwa berharga ini.

Hanya kita, sesama manusia, yang mengerti cara mencegah dan menanggulangi ini semua. Hanya kita yang mengerti bagaimana menyelamatkan mata rantai kita ke masa depan. Melestarikan Orangutan berarti melestarikan diri kita semua.

Dengan kesadaran akan semua itulah, Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOS) berinisiatif untuk terus melindungi kelestarian Orangutan berikut habitatnya dengan fasilitas dan program terencana. Berdiri sejak 1991, Yayasan BOS merupakan organisasi nonprofit Indonesia dengan afiliasi di 12 negara di dunia.

Yayasan BOS beroperasi di bawah perjanjian resmi dengan Departemen Kehutanan dan diaudit oleh Multinasional Auditor Company. Saat ini Yayasan BOS tengah merehabilitasi sekitar 750 orangutan di dua Proyek Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng (Kalimantan Tengah) dan Wanariset Samboja (Kalimantan Timur).

Aktivitas yang dijalankan Yayasan BOS tentunya tak bisa lepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan dunia. Anda pun dapat turut serta menyelamatkan keberadaan orangutan dan habitat tempat tinggalnya. Salah satunya dengan menjadi Sobat Orangutan (SaRang).

Sobat Orangutan adalah wadah bagi individu-individu yang ingin berkontribusi secara nyata dalam upaya pelestarian Orangutan Kalimantan dan habitatnya yang dilakukan oleh Yayasan BOS. Dukungan Anda sangat berarti dalam upaya rehabilitasi orangutan yang dilakukan oleh Yayasan BOS. Selamatkan Orangutan dari kepunahan karena itu berarti menyelamatkan kita semua dari kepunahan di masa datang.

1 Response to "Mari Menjadi Sobat Orangutan"

  1. 4shared says:
    15 Januari 2010 10.51

    Oh ya..

    Classic MotorCycle

    http://old-motorclassic.blogspot.com