SpongeBob SquarePants


Watak

Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berprilaku sebagai kucing.
Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut dan tetangga yang selalu memusuhinya: Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain terompet.
Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.
Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah pengertian kala dipadu dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Tokoh-tokoh utama dan pembantu

* SpongeBob SquarePants - tokoh utama dalam kartun ini yang berbentuk spons berwarna kuning. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di dalam laut. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Pekerjaannya sehari- hari adalah koki di rumah makan Krusty Krab yang terkenal dengan burgernya Krabby Patty.

* Squidward Tentacles - seekor gurita yang tinggal di dalam benteng batu. Ia tidak senang dengan kedua tetangganya yaitu Spongebob dan Patrick yang dianggap sering mengganggunya. Pekerjaan sehari-hari Squidward adalah menjadi kasir di rumah makan Krusty Krab. Tergolong pemalas. Suka bermain klarinet walaupun musik yang dilagukannya jelek. Ia sendiri menganggap dirinya seorang seniman hebat dan orang yang pintar. Memiliki seorang saingan bernama Squilliam Fancyson.

* Patrick Star - adalah seekor bintang laut sahabat Spongebob. Walaupun sering kali tidak berkonsentrasi dalam percakapannya dan terjadi salah pengertian, Patrick adalah sahabat yang baik. Patrick tinggal bersebelahan dengan rumah nanas Spongebob dan rumahnya terletak di bawah batu.

* Eugene H. Krabs - seekor kepiting pemilik restoran Krusty Krab yang terobsesi dengan uang. Gambaran umumnya adalah kepiting yang tamak dan pelit dan Spongebob seringkali menjadi korban ketamakannya.

* Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) - adalah seekor tupai atau bajing yang tinggal di dalam laut. Karena Sandy merupakan binatang darat, kesehariannya di Bikini Bottom mengharuskannya memakai baju astronot yang berisi udara pada helmnya sehingga ia bisa bernafas didalam laut. Sandy menyukai karate, dan senang aksi-aksi berbahaya. Sandy sendiri berasal dari Texas, namun kini bertempat tinggal di Bikini Bottom dan menjadi sahabat Spongebob. Tempat tinggalnya adalah sebuah kubah akuarium kedap air dan berisi udara. Ciri khas rumahnya adalah mempunyai pohon besar sebagai tempat tinggalnya. Spongebob dan Patrick bila berkunjung harus terus menerus memakai mangkuk penuh berisi air yang dipakai terbalik menutupi kepala mereka. Sandy sendiri bekerja sebagai ilmuwan di Treedome Corporation.

* Gary - adalah seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan memiliki sifat yang pendiam dan baik. Ia tidak suka mandi dan hanya saat akan dimandikanlah Gary membuat onar.

* Sheldon J. Plankton - pemilik rumah makan Chum Bucket yang sepi pengunjung. Plankton percaya bahwa bila ia berhasil mencuri resep Kraby Patty maka rumah makannya akan laku keras. Jadi segala daya upaya ia kerahkan untuk mencuri resep dari rumah makan saingannya ini, namun upayanya ini tidak pernah berhasil dan mengakibatkan kesialan untuk dirinya akhirnya di suatu episode dia mengganti restorannya dengan toko souvenir. Memiliki istri sebuah komputer bernama Karen.

Tokoh-tokoh yang jarang muncul

* Mrs.Puff - Seekor ikan gembung yang mempunyai dan mengajar Sekolah Mengemudi "Mrs. Puff Boating School", dan sudah lelah mengajari Spongebob karena Spongebob terlalu ceroboh, Suaminya yaitu Mr.Puff, ditangkap nelayan dan dijadikan lampu, seperti pada episode "Krusty Love".
* Larry Lobster - adalah seekor udang karang yang sangat kuat. Kerap kali dapat dilihat di Goo Lagoon.
* King Neptune - Raja lautan, yang tinggal di Atlantis, bersama putrinya Mindy, yang hanya muncul di Spongebob Squarepants Movie.
* Pearl Krabs - adalah ikan paus remaja dan merupakan anak Mister Krabs. Ia terobsesi menjadi pemandu sorak dan gemar bersenang-senang. Hobinya ini bertolak belakang dengan keinginan Mister Krab untuk menghemat uangnya.
* Mermaidman - adalah seekor ikan duyung tua mantan pahlawan bertopeng di Bikini Bottom. Sekarang dia tinggal bersama Barnacleboy, rekannya, di rumah jompo Shady Shoals.
* Barnacleboy - rekan Mermaidman. Selalu dianggap anak kecil oleh Mermaidman.
* Patchy the Pirate - Bajak Laut yang terobsesi dengan Spongebob, dan muncul di beberapa episode seperti UGH dimana semuanya menjadi zaman batu, Patchy juga memilike seekor Beo bernama Potty.
* Potty the Parrot - Burung Beo milik Patchy yang sering mengganggu Patchy.
* Harold Squarepants dan Mrs. Squarepants orangtua Spongebob yang lebih menyerupai spons laut ketimbang Spongebob yang menyerupai spons dapur.

Karakter Figuran

* Bubble Bass musuh abadi spongebob.
* Flats, Ikan gepeng yang merupakan teman lamanya Patrick dan teman satu sekolahnya Spongebob.
* Stanley Squarepants, sepupu Spongebob yang berkepala kotak dan mempunyai rambut dengan badan tinggi dan kurus, seperti manusia, dan mempunyai kebiasaan merusak barang apapun yang disentuhnya, bahkan menghancurkan Chum Bucket dalam suatu episode.
* Sherm Squarepants, Paman Spongebob yang ingin agar Spongebob cepat kaya.
* Grandma Squarepants dan Grandpa Squarepants, kakek-nenek Spongebob.
* Old Man Jenkins Orang Tua yang dulunya tinggal di Krusty Krab sebelum menjadi restoran, dan sekarang tinggal di Rumah Jompo Shady Shoals
* Mystery the Sea Horse Kuda laut yang dimiliki Spongebob, namun karena tidak bisa memeliharanya Spongebob melepaskannya, mempunyai kebiasaan memakan apa saja, termasuk Pak Tua Jenkins.
* Hupla Fish, Ikan kecil yang muncul pada episode Training dan selalu berkata "HUPLA!", karena dianggap mengganggu narator akhirnya dia dilempar Batu Bata dan pingsan.

Tempat dalam seri Spongebob

* Goo Lagoon - Sebuah pantai di Bikini Bottom kerap dikunjungi Spongebob dan rekan-rekan.
* Rock Bottom - Sebuah tempat di luar Bikini Bottom yang didiami ikan-ikan pelik.
* Shell City - Merupakan toko cenderamata yang terletak di darat. (hanya muncul dalam film Spongebob the Movie)
* Jellyfish fields (Padang Ubur-ubur) - Tempat memancing Ubur-ubur. Spongebob seringkali datang ke tempat ini.
* Krusty Krab - Restoran fastfood di mana Spongebob dan Squidward berkerja. Krusty Krab menjual penganan paling diminati selautan yakni Krabby Patty yang seperti burger.
* Shady Shoals - rumah jompo di mana yang di tinggali Mermaidman dan Barnacleboy
* Glove World - tempat bermain Spongebob dan Patrick sebelum ke Rock Bottom
* Chum Bucket - Rumah makan dimana Plankton menyusun rencana jahat nya dan tinggal bersama Karen. Selalu kosong tanpa pengunjung.

3 Response to "SpongeBob SquarePants"

  1. agus says:
    9 Juli 2010 17.17

    bagus banyak praktek pendidikan dalam setiap kisah, teruskan.

  2. agus says:
    9 Juli 2010 17.21

    cerita monoton untuk sebuah bugger
    mengenalkan makanan ala barat, mungkin variasi lautnya perlu ditingkatkan sercara nyata untuk latar di sebagian event agar anak tahu laut yang sebenarnya itu isinya apa?

  3. agus says:
    9 Juli 2010 17.23

    hallo spongeBob tolong tingkatkan imajinasimu, tapi jangan lupa tampilkan pada setiap seri habitat laut yang nyata, dan dimana rumahmu dan seperti apa aslimu, ok?